''

Sabtu, 23 Oktober 2010

latihan ke 1 mobile programming

Perangkat mobile memiliki banyak jenis dalam hal ukuran, desain dan layout, tetapi mereka
memiliki kesamaan karakteristik yang sangat berbeda dari sistem desktop.
● Ukuran yang kecil
Perangkat mobile memiliki ukuran yang kecil. Konsumen menginginkan perangkat yang
terkecil untuk kenyamanan dan mobilitas mereka.
● Memory yang terbatas
Perangkat mobile juga memiliki memory yang kecil, yaitu primary (RAM) dan secondary
(disk). Pembatasan ini adalah salah satu faktor yang mempengaruhi penulisan program
untuk berbagai jenis dari perangkat ini. Dengan pembatasan jumlah dari memory,
pertimbangan-pertimbangan khusus harus diambil untuk memelihara pemakaian dari
sumber daya yang mahal ini.
● Daya proses yang terbatas
Sistem mobile tidaklah setangguh rekan mereka yaitu desktop. Ukuran, teknologi dan
biaya adalah beberapa faktor yang mempengaruhi status dari sumber daya ini. Seperti
harddisk dan RAM, Anda dapat menemukan mereka dalam ukuran yang pas dengan
sebuah kemasan kecil.
● Mengkonsumsi daya yang rendah
Perangkat mobile menghabiskan sedikit daya dibandingkan dengan mesin desktop.
Perangkat ini harus menghemat daya karena mereka berjalan pada keadaan dimana
daya yang disediakan dibatasi oleh baterai-baterai.
● Kuat dan dapat diandalkan
Karena perangkat mobile selalu dibawa kemana saja, mereka harus cukup kuat untuk
menghadapi benturan-benturan, gerakan, dan sesekali tetesan-tetesan air.
● Konektivitas yang terbatas
Perangkat mobile memiliki bandwith rendah, beberapa dari mereka bahkan tidak
tersambung. Kebanyakan dari mereka menggunakan koneksi wireless.
● Masa hidup yang pendek
Perangkat-perangkat konsumen ini menyala dalam hitungan detik kebanyakan dari
mereka selalu menyala. Coba ambil kasus sebuah handphone, mereka booting dalam
hitungan detik dan kebanyakan orang tidak mematikan handphone mereka bahkan
ketika malam hari. PDA akan menyala jika anda menekan tombol power mereka.

Gambaran J2ME
Platform JAVA
Java dibuat pada tahun 1991 oleh James Gosling. Pada awalnya diberi nama Oak, dimana
untuk menghormati pohon yang ada di luar jendela Gosling. Kemudian namanya diubah ke
Java karena telah ada sebuah bahasa yang diberi nama Oak.
Motivasi sesungguhnya dari Java adalah kebutuhan akan sebuah bahasa yang bisa digunakan
pada berbagai platform yang bisa dimasukkan ke dalam berbagai produk elektronik seperti
pemanggang roti dan lemari es. Salah satu dari proyek pertama yang dikembangkan
menggunakan JAVA sebuah remote kontrol yang diberi nama Star 7.


J2ME adalah satu set spesifikasi dan teknologi yang fokus kepada perangkat konsumen.
Perangkat ini memiliki jumlah memori yang terbatas, menghabiskan sedikit daya dari baterei,
layar yang kecil dan bandwith jaringan yang rendah.
Dengan perkembangbiakan perangkat mobile konsumer dari telepon, PDA, kotak permainan ke
peralatan-peralatan rumah, Java menyediakan suatu lingkungan yang portable untuk
mengembangkan dan menjalankan aplikasi pada perangkat ini.
Program J2ME, seperti semua program JAVA adalah diterjemahkan oleh VM. Program-program
tersebut dikompile ke dalam bytecode dan diterjemahkan denga Java Virtual Machine(JVM).Ini
berarti bahwa program-program tersebut tidak berhubungan langsung dengan perangkat.
J2ME menyediakan suatu interface yang sesuai dengan perangkat. Aplikasi-aplikasi tersebut
tidak harus dikompile ulang supaya mampu dijalankan pada mesin yang berbeda.
Inti dari J2ME terletak pada configuration dan profile-profile. Suatu configuration
menggambarkan lingkungan runtime dasar dari suatu sistem J2ME. Ia menggambarkan core
library, virtual machine, fitur keamanan dan jaringan

latihan ke 2 mobile programming


Praktikum 3 - Mobile programming

catatan mobile hari ini :

1. Instal wireless Toolkit

2. Buka wireless toolkit
     Start Menu --> program --> .. --> Ktoolkit

3. Buat Project baru dengan nama : Praktikum3
                                           MIDlet : latihan

4. Buka Window Explorer --> C : --> Document and Setting --> LAB --> j2mewtk --> 2.5.2 --> apps --> Praktikum3

5. Buka Notepad
    ketikkan program ini

**********************************************************

import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;
public class latihan extends MIDlet implements CommandListener{
 private Display display;
 private Command cmdKeluar;
 public latihan(){
  display = Display.getDisplay(this);
 }
 public void startApp(){
  TextBox tb = new TextBox("Latihan", "tyo sedang belajar J2ME...!",256,0);
  cmdKeluar = new Command("keluar", Command.EXIT,4);
  tb.addCommand(cmdKeluar);
  tb.setCommandListener(this);
  display.setCurrent(tb);
 }
 public void pauseApp(){
 }
 public void destroyApp(boolean unconditional){
 }
 public void commandAction(Command c, Displayable s){
  if(c == cmdKeluar){
   destroyApp(false);
   notifyDestroyed();
  }
 }
}

************************************************************

Lalu save as : latihan.java
type : all

6. Wireless toolkit
-Build
-Run