''

Jumat, 10 Desember 2010

PROCESSOR i7



Prosesor Intel dengan core terbanyak (6), tercepat dan termahal saat ini, Core i7 980X; akan digantikan oleh Core i7-990X yang juga akan memiliki enam (6) core dengan kecepatan 3.46GHz atau hanya 130MHz lebih cepat. Konsumsi daya akan tetap sama dengan TDP 130W. Core i7 990X ini juga masih memiliki cache yang sama dengan pendahulunya yakni L3 12MB dan 256KB L2 6x. Produk flagship ini rencananya akan dirilis pada harga tidak akan kurang dari $ 1,000 USD.






Kita pasti tidak akan terkejut ketika mendengar Core i7 975 berbasis quad core Nehalem dengan kecepatan 3,33GHz akan keluar. Karena beberapa lalu sudah dibahas mengenai processor ini yang akan segera datang.
 


CPU ini akan menggantikan Core i7 965 yang akan ditarik. Core i7 975 ini dijual pada seharga $999 dan ini merupakan extreme edition yang cocok sekali bagi para overclocker. CPU yang kedua adalah Core i7 950 yang menggantikan Core i7 940 yang bekerja pada kecepatan 2,93GHz. Core i7 950 ini memiliki kecepatan 3,06GHz dan dijual seharga $562 pada peluncurannya.






Kedua CPU ini sama-sama memiliki konsumsi daya sebesar 130W, meskipun termasuk boros tetapi anda juga harus mempertimbangkan bahwa CPU ini adalah benar-benar kelas high end yang performanya paling tercepat saat ini. Core i7 975 ini adalah yang tercepat sekarang tetapi juga termahal untuk pasar CPU saat ini.
California - Intel Corp membuat chip khusus untuk para penggemar game yang memiliki enam core prosesor dan diberi nama Core i7.
Core i7-970 prosesor ini akan berjalan pada 3.2GHz dan memiliki kapasitas 12 Megabita cache L3. Ini adalah chip dengan enam-core kedua setelah Core i7-980X Extreme Edition, yang diluncurkan pada bulan Maret lalu.
Intel menawarkan standar Core i7 untuk desktop high-end dan Core i7 Extreme Edition prosesor, chip mahal yang ditargetkan pada pengguna tertentu seperti gamer hardcore yang mungkin mencari performa ekstrim.
 Menurut juru bicara Intel, Core i7-970 adalah chip enam-core chip dengan kinerja yang cepat dari Edisi Extreme ke lineup Core i7. Prosesor yang dibuat dengan menggunakan proses manufaktur 32-nanometer ini dibanderol dengan harga US $ 885.



           
            Selain memperkenalkan chip terbaru, Intel juga mendiskon harga sejumlah chip buatannya hingga 48 persen. Harga prosesor i7-870 misalnya yang harga awalnya US$ 582 menjadi US$ 294.











Intel akan mengeluarkan processor generasi terbarunya di awal bulan November 2008. Processor ini merupakan generasi penerus dari processor sebelumnya dengan tetap menggunakan nama Core , walaupun secara microarsitektur sudah berbeda dengan Core 2 dan Core. Sebelumnya kebanyakan orang menduga bahwa Intel akan memberikan nama processor terbarunya ini dengan nama Core 3, tetapi kenyataannya pada beberapa bulan yang lalu Intel secara resmi menamakannya Core i7 . Processor ini juga bisa disebut atau mempunyai code name Nehalem . Kita sebagai konsumen di Indonesia akan lebih sulit menyebut nama baru processor ini tentunya, tidak seperti legenda Pentium, hampir semua orang jika ingin membeli komputer pasti akan bertanya, “Pentium apa bukan?” Proses pengenalan nama Core kemudian Core 2 diawal peluncuran processor tersebut saja sudah cukup susah, sekarang berganti dengan Core i7 tentu saja akan lebih susah lagi, tapi justru inilah yang menjadi rahasia dari Intel dalam melakukan branding produknya.

            Apa saja yang istimewa dari Processor Core i7 ini? Apa saja teknologi yang diusungnya? Secara garis besar dapat disebutkan spesifikasi processor Core i7 yang berbeda dengan processor – processor Intel sebelumnya, diantaranya :

- Memiliki performa lebih tinggi dan lebih efisien dalam penggunaan energi dibandingkan dengan prosessor generasi sebelumnya.

- FSB ( Front Side Bus) digantikan dengan QuickPath Interface. Sementara ini hanya chipset yang mendukung QuickPath Interface saja yang bisa menggunakan processor ini, misal chipset Intel X58.

- Memory Controller ada dalam processor, tidak seperti yang sebelumnya terpisah dalam chip tersendiri. Dengan teknologi ini memori akan langsung terhubung dengan processor. Rupanya Intel cukup terkesan dengan pesaingnya –AMD yang sudah sejak lama menggunakan teknologi ini.
- Support Three Channel Memory , tiap – tiap kanal berisi 2 slot memori, sehingga total slot yang ada dalam mainboard yang mendukung processor ini ada 6 slot. Tentu saja kapasitas memori yang bisa disupport oleh processor ini akan semakin besar.

- Processor Core i7 sementara ini hanya mendukung memori jenis DDR 3.
- Core i7 menggunakan single-die device : core (inti processor) , memory controller (kontrol memori), dan cache berada dalam satu die.

- Menggunakan tipe socket baru yaitu Socket B ( Socket LGA 1366)
Selain hal-hal baru diatas, ternyata justru didalam processor Core i7 ini menggunakan kembali teknologi lama Intel Pentium yang sudah tidak diaplikasikan didalam generasi Intel Core, yaitu Hyper-Threading . Dengan adanya teknologi Hyper-Threading ini dalam sistem operasi ( Windows,Linux, dll) seolah – olah inti processor akan menjadi 2 kali lipatnya, misalnya : dalam sistem operasi processor Core i7 4 core akan terdeteksi menjadi 8 core.

Jenis-jenis processor Core i7 yang sudah dirilis adalah jenis Extreem Edition dan yang biasa, beberapa diantaranya adalah :

- Core i7 965 Extrem Edition , dengan Clock 3,2 Ghz, 8 MB L3 Cache , 45 nm, Socket LGA 1366
- Core i7 940, dengan Clock 2,93 Ghz, 8 MB L3 cache, 45 nm, Socket LGA 1366
- Core i7 920, dengan Clock 2,66 Ghz ,8 MB L3 Cache, 45 nm, Socket LGA 1366
Semua processor diatas mempunyai 4 core ( 4 inti processor) atau lebih sering disebut dengan Quad Processor. Untuk versi yang lebih rendah misalnya Dual Core sementara ini Intel belum memberikan data secara resmi.
Intel akan terus memperbaharui penawaran prosesornya dengan sejumlah model-model terbaru yang akan mengadopsi arsitektur mikro terbarunya, yang mngkombinasikan dengan teknologi manufaktur generasi mendatang. Menurut rincian yang terbaru di bidang industri, produsen chip yang berbasis di California ini juga akan terus memperbaharui jajaran model CPU tegangan rendahnya, dengan rencana untuk menambahkan model Core i7 terbaru. Kabarnya prosesor ini dijuluki sebagai 660UM yang akan dapat mencapai kecepatan 2.4GHz, melalui overclock.
Prosesor baru Intel ini didasarkan pada generasi terbaru dari CPU dual-core Arrandale. Kabarnya model ini, sesuai dengan rincian diungkapkan oleh Fudzilla, dalam sebuah artikelnya baru-baru ini, yang memiliki kecepatan utamanya hanya 1.33GHz, sedangkan penyediaan pengguna akhir dengan empat thread. Keuntungan dari proses manufaktur yang maju dan kecepatan utama yang rendah diterjemahkan ke dalam TPD hanya 18W. Namun demikian, bagi mereka yang mencari untuk meningkatkan kinerja PC portabel mereka, prosesor yang dilengkapi dengan kemampuan untuk mencapai kecepatan 2.4GHz, dengan bantuan beberapa overclock.
Arrandale akan memberikan baik grafis maupun prosesor inti mati yang sama, yang berarti bahwa pengguna akhir akan mengambil keuntungan dari solusi energi yang lebih efisien. Core i7 660UM didasarkan pada Arrandale dan akan hadir dengan built-in Intel grafis, yang akan absen pada 166MHz dan mendukung meningkatkan kecepatan dari 500MHz. Dengan bantuan dari memori DDR3, inti grafis bisa naik hingga 800MHz.
Kabarnya prosesor Arrandale ini yang rencananya akan dirilis pada kuartal ketiga tahun 2010 ini, hadir dalam paket BGA dan menampilkan cache 4MB. Dirancang untuk menjadi salah satu perusahaan prosesor lebih cepat, yang pada akhirnya akan memiliki model 660UM untuk menggantikan model 640UM, di puncak teratas dari segmen kinerja Intel Ultra Thin ini. Dengan prosesor baru, seperti Core I5 520UM, 540UM, Core i7 620UM dan 640UM, tampaknya perlu dilihat perkembangan laptop di pasaran.
Intel memperkenalkan satu jenis lagi jajaran keluarga Core i7 terbaru. Seperti apa detail prosesor yang didesain bagi Intel X58 Express chipset ini?
Seperti dikutip detikINET dari techpowerup, Rabu (21/10/2009), prosesor terbaru Intel ini bernama Core i7 960. Setelah Intel memperbarui seri Core i7 965 Extreme Edition dengan Core i7 975 Extreme Edition, masih tersisa model non-XE Core i7 yang memiliki clock-speed sama seperti i7 965 XE.
Oleh sebab itu terciptalah Core i7 960 yang hadir dengan clock sebesar 3.20 GHz (24.0 x 133 MHz) dan berkemampuan Turbo Boost speed hingga 3.43 GHz. Prosesor  tersebut memiliki empat buah processing core. Masih dengan HyperThreading Technology, kemampuan multi-tasking nya tak perlu diragukan lagi.
Selain itu Core i7 960 masih memiliki fitur QuickPath Interconnect berkecepatan 4.8 GT/s, yang dapat men-support up to 24 GB memori secara triple-channel (192-bit wide-DDR3). Alhasil tiap core memiliki dedicated L2 cache sebesar 256 KB, sementara 8 MB L3 cachenya di-share oleh keempat core tersebut.
Seri Core i7 960 ini akan memperbarui Core i7 950, yang berharga sekitar US$562 di Amerika. Disebutkan bahwa Core i7 960 ini akan berharga sekitar US$589,99.
Core i7 resmi diluncurkan dalam tiga versi quad-core. Ditilik dari harganya, Core i7 memang tidak murah. Namun jika Anda ingin merakit PC dengan sistem Core i7, Anda memang harus membayar mahal. Untuk sistem, pilihan Anda saat ini masih terbatas pada motherboard dengan chipset Intel X58 (dengan ICH10 southbridge) dan memori DDR3. Harga keduanya pun belum murah.






Namun prosesor baru ini menawarkan beberapa fitur baru, antara lain kendali memori yang terintegrasi dan moda Turbo baru. Hyperthreading juga muncul kembali, menambahkan empat inti virtual ke empat inti fisik yang ada di CPU Core i7.
Moda Turbo, yang disebut Dynamic Speed Technology, memungkinkan CPU untuk mematikan inti dan meningkatkan clock speed, yang bisa bermanfaat pada aplikasi-aplikasi lama yang membutuhkan megahertz lebih, bukan inti yang lebih banyak. Pada aplikasi muti-threaded, CPU akan menyeimbangkan beban di semua inti.
CPU baru ini memiliki 731 juta transistor dalam satu die berukuran 263 milimeter persegi. Semua prosesor Core i7 dirancang pada daya desain thermal 130 watt. Antarmuka Quick Path Interconnect menyediakan bandwidth 19,2 gigatransfer pre detik pada model 920 dan 940, dan 25,6 gigatransfer pada model Extreme Edition.
Beberapa waktu lalu Intel kembali mengeluarkan varian terbarunya high-end Core i7 desktop chips, prosesor yang dijanjikan adalah prosesor terbaik yang akan mem-boost performa desktop PC manapun.
Di Jepang prosesor ini pertama kali dirilis di sekitar distrik Akihabara, salah satu pusat elektronik di Jepang, dan antusiasme pasar sangat terlihat waktu itu. Tidak hanya di Jepang, di San Fransisco pun saat launching Core i7 ini terjadi sambutan hebat untuk produk terbaru Intel tersebut.
Bahkan Steve Dallman, vice president of sales and marketing and general manager dari Intel’s worldwide reseller channel organization mengatakan "This is a major new architecture for Intel and to be able to launch it here first to the user-community” saat berpendapat menanggapi peluncuran Intel Core i7 di Akihabara beberapa waktu lalu, pasalnya banyak sekali konsumen setia Intel yang begitu antusias dan tertarik sekali pada varian terbaru Intel ini. Sebagian besar terdiri dari para gamers dan maniak komputer.
Tidak hanya itu, Steve Dallman juga menyebutkan "One of the features in the new processor I think they are going to be very excited about is Turbo-mode" , "There’s also Turbo-tuning, which allows them to go in for the first time and tune 20 different parameters to optimize the performance of the processor." Hebat bukan…?

intel-core-i7-3.jpg

Seri andalan dari Core i7 yaitu Core i7 965 Extreme Edition dibandrol dengan harga US$999, sedangkan seri 2.93GHz Core i7 940 dibandrol $562, dan untuk 2.66GHz Core i7 920 dihargai $284. Dan dari kabar yang kami dapat, tahun depan Intel juga akan membuat versi laptopnya.
Dikabarkan saat peluncuran pertamanya saja sudah ada ratusan orang yang memadati distrik elektronik di Akihabara tersebut dari pukul 10pm sampai 1am waktu setempat. Mereka rela mengantri dan berjubel disana hanya untuk melihat dan membeli chip terbaru dari Intel yang kehadirannya sudah mereka tunggu-tunggu sejak beberapa bulan yang lalu.
"We ran-out of the high-end ones, the 965 processors, and the motherboards above ¥40,000 (US$410)," kata salah seorang store manager yang turut melaunching Core i7 di distrik tersebut.
Core i7 merupakan chip pertama yang dirilis Intel dengan basis Intel Nehalem didalamnya, disusun dengan teknologi 45-nanometer process, chip ini berbeda dengan kebanyakan chip Intel lainnya, karena chip ini mempunyai kemampuan mengkontrol dan mempercepat koneksi antara prosessor dan main memory.
Segmen Core i7 sebenarnya sengaja didesain untuk para gamer PC dan high-end user, bukan untuk pemakai PC pada umumnya. Dan sedikit banyak Intel menggunakan chip terbarunya ini sebagai senjata baru untuk melawan AMD, yang seperti kita ketahui duo pabrikan prosessor tersebut tidak pernah berhenti bersaing.
Dan untuk para konsumen Intel di Indonesia, mari kita tunggu varian terbaru Intel Core i7 dirilis di Indonesia. Tentunya para gamers dan maniak PC di Indonesia tidak akan kalah dengan mereka-mereka yang ada di Jepang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar