''

Minggu, 19 Desember 2010

DBMS (Database Management System)

     Pengolahan basis data secara fisik tidak dilakukan oleh pemakai secara langsung, tetapi ditangani oleh sebuah Perangkat Lunak (Sistem) yang khusus/ spesifik. Perangkat Lunak inilah (disebut DBMS) yang akan menentukan bagaimana data diorganisasi, disimpan, diubah dan diambil kembali. Ia juga menerapkan mekanisme pengamanan data, pemakaian data secara bersama, pemaksaan keakuratan/ konsistensi data, dan
sebagainya. [2] 

     Satu Database Management System (DBMS) berisi satu koleksi data yang saling berelasi dan satu set progam pengelola untuk menambah data, DBMS terdiri dari database dan set program pengelola untuk menghapus data, pengembalian dan pembacaan data.

     Database adalah kumpulan  data yang saling berhubungan yang disimpan secara bersama sedemikian rupa dan tanpa pengulangan (redudansi) yang tidak perlu, untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Satu  database menunjukan satu kumpulan data yang dipakai dalam satu lingkup perusahaan. 

     Dalam satu  file terdapat satu  record-record yang sejenis, sama besar, sama bentuk, yang merupakan satu kumpulan  entity  yang seragam. Satu record terdiri dari field-field yang saling berhubungan untuk menunjukkuan bahwa field tersebut dalam satu pengertian yang lengkap dan disimpan dalam satu record. 

Ada beberapa komponen dalam database, yaitu : [2]

1.  File, merupakan kumpulan  record-record sejenis yang mempunyai panjang  record, merupakan kumpulan elemen yang saling berkaitan yang  menginformasikan tentang suatu  entity secara lengkap, satu  record mewaliki satu data atau informasi tentang seseorang, misalnya : nomor karyawan, nama karyawan, alamat kota, tanggal masuk dan sebagainya.

2.  Field, merupakan kumpulan dari value yang sejenis. 

3.  Data value, merupakan nilai data. Penyusunan  satu database digunakan untuk mengatasi masalah-masalah yaitu :  

     1. Redundansi dan inkonsistensi data.
     2. Kesulitan pengaksesan data.
     3.  Isolasi data untuk standarisasi
     4. Multiple user ( banyak pemakai )
     5. Masalah keamanan ( security )
     6. Masalah integrasi ( kesatuan )
     7. Masalah data independence ( kebebasan data )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar