''

Rabu, 12 Januari 2011

LAPORAN TUGAS BESAR MOBILE PROGRAMMING - BAB 1

OCCUPATION MOBILE APPLICATION (OMA)

Laporan
Diajukan untuk memenuhi kelulusan matakuliah Mobile Programming


Oleh
Rahmat Maulana Muhammad [1083163]
Yuniar Prasetyo [1083074]




JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
POLITEKNIK POS INDONESIA
BANDUNG
201
1
======================================================
BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Teknologi informasi dan informatika yang semakin maju kini sudah dapat diterima oleh masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia karena dinilai memberikan efesiensi dan efektifitas yang signifikan dan mendukung peningkatan dan sumber daya manusia. Kemajuan teknologi ini menunjukan indikasi bahwa peradaban manusia telah mengalami perubahan dan transisi kearah kemajuan peradaban. Kemajuan inilah yang membawa masyarakat secara umum dapat memanfaatkan teknologi ini secara maksimal. Penerapan kemajuan teknologi dan informatika ini dapat ditunjukkan dengan Aplikasi berbasis mobile.
Penggunaan mobile atau sering disebut dengan Hand Phone (HP) saat ini sudah sampai ke semua kalangan, baik atas, menengah, maupun bawah di semua wilayah khususnya di Indonesia dan di dunia pada umumnya. Sehingga tidak salah jika hand phone menjadi salah satu kebutuhan primer manusia, sebab dilihat dari manfaat dan penggunaan hand phone tersebut yang sangat vital untuk kelancaran berkomunikasi baik untuk kebutuhan kerja maupun pribadi. Di dalam HP biasanya sudah terdapat beberapa aplikasi mobile. Aplikasi mobile adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan anda melakukan mobilitas dengan menggunakan perlengkapan seperti PDA, telepon seluler atau Hand Phone (HP). Dengan menggunakan aplikasi mobile, dapat dengan mudah melakukan berbagai macam aktifitas mulai dari hiburan, berjualan, belajar, mengerjakan pekerjaan kantor, browsing dan lain sebagainya.
Dengan terus meningkatnya perkembangnya teknologi dan informasi. Maka pengembangan terhadap aplikasi mobile sangat dibutuhkan khususnya di bidang tenaga kerja. Hal ini disebabkan karena tingkat pengangguran di Indonesia semakin tahun semakin bertambah dari berbagai macam jenjang pendidikan. Dengan bertambahnya angka penganguran ini maka keinginan untuk mencari dan mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan semakin bertambah juga.
Melihat penggunaan hand phone yang sudah menjadi salah satu kebutuhan primer di masyarakat serta tingkat kebutuhan mengenai informasi lowongan pekerjaan sangat tinggi. Maka perlu adanya aplikasi mobile unuk mencari informasi lowongan pekerjaan dengan mudah dan dapat diakses kapan dan dimana saja oleh masyarakat di seluruh wilayah Indonesia  
======================================================
1.2  Identifikasi Masalah
Adapun identifikasi masalah dari pembuatan aplikasi mobile ini adalah sebagai berikut;
1.    1. Banyaknya pengguna hand phone di seluruh wilayah Indonesia berbanding lurus dengan banyaknya orang yang mencari informasi tentang lowongan pekerjaan. 
     2. Informasi mengenai lowongan pekerjaan yang biasanya diperoleh melalui internet tidak seluruhnya dapat diakses oleh masyarakat karena terbatasnya akses jaringan internet di wilayah Indonesia.
3.  3.  Belum adanya aplikasi mobile untuk mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan.
======================================================
1.3  Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah sebagai berikut;
1.      1. Informasi mengenai lowongan pekerjaan dapat diakses oleh masyarakat dengan menggunakan hand phone mereka masing-masing.
2.      2. Keterbatasan akses jaringan internet di sebagian wilayah Indonesia tidak menjadi hambatan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan.
3.      3. Menyediakan aplikasi untuk mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan berbasis mobile sehingga dapat digunakan kapan dan dimana saja.
======================================================
1.4  Ruang Lingkup
Occupation Mobile Application adalah aplikasi pencarian lowongan pekerjaan dengan memenfaatkan penggunaan teknologi mobile dan akan terhubung ke sebuah sistem informasi berbasis web sebagai server. Aplikasi ini di implementasikan ke dalam telepon genggam (hand phone) yang digunakan oleh user sehingga dapat digunakan kapan dan dimana saja. Pengguna dari applikasi ini adalah orang yang mencari pekerjaan dan prusahaan yang akan mencari tenaga kerja. Applikasi mobile ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman J2ME (Java 2 Mobile Edition), dan untuk system informasi website nya menggunakan PHP dan MySQL sebagai data base nya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar