''

Senin, 13 Desember 2010

CONTOH BAB 1 LAPORAN

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.            Latar Belakang
Pada era globalisasi saat ini sangat jelas sekali perkembangan teknologi dan informasi sangat pesat. Sejalan dengan meningkatnya kebutuhan akan informasi saat ini, maka kebutuhan masyarakat akan dunia informasi pun semakin besar. Sebagian besar kalangan berkeinginan untuk mendapatkan informasi secara cepat, akurat, dan yang paling penting juga adalah kemudahan untuk mendapatkan informasi itu.
Untuk mendapatkan, mengolah, dan menyebarkan informasi secara cepat dan akurat, diperlukan sarana penunjang yang tepat. Salah satunya adalah dengan menggunakan website. Website adalah salah satu sarana yang saat ini banyak digunakan untuk memberikan informasi kepada masyarakat melalui media internet, khusunya perusaahan, instansi, lembaga, dan lain sebagainya.
Politeknik Pos Indonesia adalah salah satu lembaga pendidikan di Indonesia yang memiliki jumlah mahasisiwa yang cukup banyak, sebagai salah satu perguruan tingggi yang agar dapat dikenal oleh masyarakat umum, maka dibuatlah sebuah website yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang Politeknik Pos Indonesia dan di dalam  website ini juga terdapat layanan-layanan untuk mahasiswa seperti halnya informasi tentang lowongan pekerjaan.
Melihat website Politeknik Pos Indonesia yang belum memiliki layanan informasi tentang akademik mahasisiwa dalam hal ini adalah nilai dan absensi, sebenarnya informasi tetntang akademik dapat diperoleh mahasisiwa dengan meggunakan layanan khusus berupa  sistem informasi dimana sistem ini telah tersedia, namun dari layanan informasi yang tersedia ini seiring ditemukan kendala yang dihadapi oleh mahasiswa diantaranya adalah unit komputer yang masih kurang sehingga saat mahasiswa ingin menggunakan layanan informasi itu harus mengantri terlebih dahulu, dan terkadang sering terjadi kerusakan pada komputer.  Dari   empat unit komputer yang tersedia yang dapat digunakan hanya satu komputer, dan bahkan tidak jarang terlihat semua komputer tidak dapat digunakan sama sekali.

Sehingga salah satu cara untuk dapat mengatasi kendala yang dihadapi mahasiswa tersebut serta dengan ketertarikan mahasiswa terhadap internet meningkat, maka diperlukan suatu aplikasi sistem layanan informasi akademik mahasiawa Politeknik Pos Indonesia khususnya jurusan Teknik Informatika berbasis web online, yang dapat membantu mahasisiwa untuk mendapatkan informasi akademik secara mudah.

1.2.            Identifikasi Masalah
Identifikasi Masalah dalam sistem ini adalah sebagai berikut:
1.      Website Poltekpos yang ada saat ini tidak memiliki layanan pengaksesan informasi akademik sehingga menyulitkan mahasiswa untuk mendapatkan informasi.
2.      Sistem informasi akademik yang telah tersedia sering kali mengalami kerusakan menyebabkan sistem ini tidak dapat digunakan.

1.3.            Identifikasi Penyebab Masalah
Identifikasi Penyebab Masalah dalam sistem ini adalah sebagai berikut:
1.      Kurangnya Tingkat keamanan data dalam sebuah website.
2.      Kurangnya perawatan terhadap sistem informasi akademik yang tersedia.

1.4.            Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan proyek yang berupa aplikasi ini adalah sebagai berikut:
1.      Menyediakan suatu aplikasi layanan informasi akademik berbasis web online untuk mahasiswa jurusan Teknik Informatika.
2.      Mempermudah mahasiswa khususnya jurusan Teknik Informatika untuk mendapatkan informasi akademik.

1.5.            Batasan Masalah
Aplikasi sistem layanan informasi akademik ini dibuat khusus untuk mahasiswa Politeknik Pos Indonesia di jurusan Teknik Informatika berbasis web dan online. Pada website ini terdapat layanan informasi akademik mahasiswa berupa nilai dan absensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar