''

Sabtu, 18 Desember 2010

INTERNET (INTERconnected NETwork)

           Internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan di seluruh dunia, Dengan adanya internet, kita dapat menghubungkan beberapa jaringan lokal yang ada pada setiap tempat. Tidak hanya itu, dengan adanya  internet setiap orang dapat melakukan kegiatan apa saja, mulai dari sekedar mengirim informasi secara internal, atau bahkan melakukan pembelanjaan pada toko on-line antar negara. [7] 

           Internet memasuki daerah era baru dengan digunakan WWW atau yang sering disebut World Wide Web  (Jaringan Dunia Luas) yaitu sebuah bagian dari  internet yang sangat dikenal dalam dunia  internet, sehingga memungkinkan setiap orang atau organisasi yang mempunyai alamat di internet dapat berhubungan dengan komputer lain dengan tidak memandang lokasi, jenis komputer, serta sistem operasi yang digunakan, dengan adanya  WWW seorang pengguna dapat menampilkan halaman virtual yang disebut dengan website. 

           Layanan-layanan  internet umumnya menggunakan arsitektur   client/server , dimana ada dua peran komputer dalam jaringan yaitu: [7]

•  Server (Penyediaan Layanan)
Komputer server menyediakan layanan-layanan (aplikasi) agar dapat diakses oleh client maka komputer harus terhubung dalam suatu jaringan setiap saat.

•  Client (Pengguna Layanan)
Untuk dapat menggunakan layanan-layanan yang disediakan oleh komputer server,maka client harus terhubung ke dalam jaringan (network), tetapi tidak perlu terhubung setiap saat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar