''

Selasa, 18 Januari 2011

BUSINESS PLAN - MARKETING MIX OF YONAMI’S GROUP

BAB IV
RENCANA PEMASARAN
1.      Product (Diferensiasi / Perbedaan)
Produk yang dijual adalah makanan khas daerah lampung yaitu “KERIPIK PISANG KEPOK” dengan berbagai rasa. Alasan mengapa kita menjual produk tersebut adalah “kesulitan orang lain dalam memperoleh sesuatu”. Kami belum pernah melihat dengan mata kepala sendiri orang yang menjual produk ini di bandung. Padahal produk ini merupakan makanan yang enak untuk dikonsumsi. Selain itu, kami juga memberikan garansi kepada konsumen berupa pengembalian uang 100 % jika pada saat konsumen pertama kali mencicipi produk kami dan tidak merasa puas. Itu merupakan salah satu hal yang membuat usaha kami berbeda dengan yang lain.

2.      Price (Cara menentukan harga)
Ada dua cara untuk menentukan harga jual yaitu cara dulu dan sekarang.
a)      Cara dulu
Harga jual ditentukan terakhir yaitu dengan menambahkan semua biaya yang dikeluarkan ditambah dengan laba yang diinginkan.
b)      Cara sekarang
Harga jual ditentukan pertama kali (sama dengan atau kalau bisa lebih murah dari pesaing). Setelah itu biaya-biaya yang lain disesuaikan.

Harga jual = harga awal (pabrik langsung) + harga transportasi (dari lampung ke bandung) + laba (keuntungan yang diinginkan)


3.      Place (Bagaimana suatu produk selalu tersedia dan terjangkau konsumen)
Menyediakan keripik pisang kapok dari lampung ke bandung bukan perkara yang mudah jika tidak ada koneksi. Untunglah, kami mempunyai kenalan di lampung yang bisa diandalkan untuk membeli keripik pisang langsung dari pabriknya.
4.      Promotion (Promosi apa saja yang dilakukan)
Adapun usaha-usaha yang kami lakukan untuk mempromosikan produk kami.
a)      Mulut ke mulut
Hal pertama yang kami lakukan untuk mempromosikan prduk yang kami jual adalah dengan memberikan contoh produk yang dapat dimakan secara cuma-cuma kepada teman-teman terdekat. Karena berita dari mulut ke mulut akan tersebar dengan cepat sekali.

b)      Membuat brosur
Agar usaha kami semakin dikenal oleh khalayak umum, maka kami membuat selebaran. Desainnya dikerjakan oleh tim kami yang sudah handal di bidangnya dan tidak diragukan lagi hasilnya.


1 komentar: