''

Selasa, 18 Januari 2011

BUSINESS PLAN - PRAKIRAAN RESIKO YONAMI’S GROUP

BAB VI
PRAKIRAAN RESIKO

Adapun prakiraan resiko yang mungkin akan menghadang usaha kami adalah :
1.      Keterlambatan Datangnya Kripik Pisang
Karena kripik pisang didatangkan langsung dari lampung ke bandung, maka tidak menutup kemungkinan akan terjadinya datangnya produk ini tidak sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Adapun sebab terjadinya masalah ini diantaranya adalah masalah transportasi dan rekan usaha yang berada di lampung mempunyai kesibukan sendiri sehingga belum sempat untuk membeli kripik pisang.

Solusi :  
·        Selalu memberi tenggang waktu 2 hari sebelum hari yang sudah ditentukan dengan pelanggan. Misalnya kita sudah janji dengan pelanggan bahwa pada hari sabtu tanggal 15 Januari 2010 kripik pisang ada, maka kita harus benar-benar memastikan bahwa pada hari kamis tanggal 13 Januari 2010 kripik pisang sudah ada di tangan kita. Sehingga jika kripik pisang tidak bisa dikirim pada hari kamis, maka masih ada dua hari untuk mengusahakannya. Dengan rencana seperti ini, kecil kemungkinan akan terjadi masalah ini.
·        Meminta maaf dan bersikap jujur atas alasan mengapa kripik pisang terlambat serta memberikan potongan harga kepada konsumen sebesar 5 % dari harga semula.

2.      Meningkatnya Harga Dasar Kripik Pisang
Dengan meningkatnya harga dasar kripik pisang itu sendiri dari lampung akan berpengaruh terhadap harga jual.

Solusi :
·        Dengan memesan kripik pisang lebih dari pesanan biasanya tanpa harus menaikkan harga jual (harga jual kripik pisang tetap seperti semula). Walaupun laba yang didapat semakin berkurang, namun jika pesanan dilebihkan maka laba yang kecil itu akan dikalikan dengan jumlah yang banyak sehingga keuntungan tidak berkurang.

3.      Berkurangnya Minat Pelanggan Untuk Membeli Kripik Pisang
Bosan adalah salah satu hal yang bisa membuat pelanggan tidak ingin membeli kripik pisang. Sehingga pesanan akan kripik pisang menjadi berkurang. Selain itu, faktor minimnya uang yang ada di dompet juga tidak kalah penting dalam hal ini.

Solusi :
·        MDBB (Makan Dulu Bayarnya Belakangan) adalah suatu rencana yang dicanangkan bagi orang-orang yang ingin membeli kripik pisang tapi belum mempunyai uang saat itu juga.
·        Mencari pelanggan baru dengan menyebarkan brosur lebih banyak lagi.
·        Memberikan potongan harga sebesar 10 % kepada pelanggan yang membeli kripik pisang lebih dari biasanya.

4.      Munculnya Pesaing Baru
Munculnya pesaing baru dengan harga jual yang lebih murah daripada kita sendiri akan menjadi hal yang merepotkan bagi usaha ini.

Solusi :
·        Meningkatkan pelayanan kepada konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar