''

Jumat, 03 Desember 2010

JARINGAN KOMPUTER - Bagian 10,5

1.      VLAN
VLAN merupakan suatu model jaringan yang tidak terbatas pada lokasi fisik seperti LAN. Hal ini mengakibatkan suatu jaringan dapat dikonfigurasi secara virtual tanpa harus menuruti lokasi fisik peralatan. Penggunaan VLAN membuat pengaturan jaringan menjadi sangat fleksibel tanpa tergantung pada lokasi peralatan.
Prinsip keja V-LAN:
VLAN diklasifikasikan berdasarkan metode ( tipe ) yang digunakan untuk mengklasifikasikannya, baik menggunakan port, MAC addresses dsb. Semua informasi yang mengandung penandaan / peng-alamatan suatu vlan ( tagging ) disimpan dalam suatu database ( tabel ), jika penandaannya berdasarkan port yang digunakan maka database harus mengindikasikan port-port yang digunakan oleh VLAN. Untuk mengaturnya maka biasanya digunakan switch/bridge yang manageable atau yang bisa di atur.
Switch / bridge inilah yang bertanggung jawab menyimpan semua informasi dan konfigurasi suatu VLAN dan dipastikan semua switch/bridge memiliki informasi yang sama.
Switch akan menentukan kemana data-data akan diteruskan dan sebagainya atau dapat pula digunakan suatu software pengalamatan ( bridging software ) yang berfungsi mencatat / menandai suatu VLAN beserta workstation yang didalamnya. Untuk menghubungkan antar VLAN dibutuhkan router.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar