''

Jumat, 03 Desember 2010

TEORI MULTIMEDIA

             Atribut Teks

Ada dua cara untuk menuliskan teks dalam Macromedia Flash, yaitu:
a)      Menuliskan teks secara langsung
Menuliskan teks secara langsung dalam flash menggunakan text tool yang ada di tools box.


Sedangkan teknik penulisan teks dibagi menjadi dua, yaitu penulisan teks biasa dan penulisan teks dalam format paragraf. Penulisan teks biasa dilakukan dengan cara mengklik text tool dan hanya ditaruh pada stage. Biasanya digunakan untuk membuat judul karena teks akan dituliskan sepanjang pengetikan dilakukan.


Berbeda halnya dengan penulisan teks dalam format paragraph.  Pertama, kita harus membuat seberapa besar teks yang diketik dan teks akan diturunkan pada baris baru jika teks yang diketik mencapai batas akhir kotak teks.



a)      Menggandakan teks dari program lain
Yang dimaksud dengan menggandakan teks disini adalah dengan cara copy-paste. Teks yang sudah ada, misal dari Microsoft word cukup di-copy lalu paste pada penulisan teks dalam format paragraf.


Atribut Font
Dalam flash, penentuan font sangat dibutuhkan. Adanya font membuat teks yang ada menjadi lebih menarik. Font dalam flash hampir sama seperti yang ada di Microsoft office. Atribut font dapat ditemukan di panel properties yang berada di bawah stage.




·         Font à untuk menentukan bentuk teks yang diinginkan
·         Font Size à untuk menentukan ukuran teks yang ada
·         Font rendering method à untuk menentukan posisi teks dalam kotak teks

1.     Font dan TypeFace
            Penulisan typeface sangat bermanfaat dalam CSS dan HTML. Karena typeface lebih sederhana daripada menggunakan flash hanya untuk menunjukkan grafik yang teks situs anda dengan font yang anda inginkan. Di bawah ini adalah contoh skrip typeface.js

<script src="typeface-0.14.js"></script> <Src="typeface-0.14.js"> <script / script>
 <script src="helvetiker_regular.typeface.js"></script> <Src="helvetiker_regular.typeface.js"> <script / script>

 <div class="typeface-js" style="font-family: Helvetiker"> class="typeface-js" <div style="color: Helvetiker">
  Text here in Helvetiker font... Teks di sini, di font Helvetiker ...
 </div> </ Div>
 
            Jadi, perbedaan antara font dan typeface adalah font merupakan penentuan bentuk teks dalam flash, sedangkan typeface lebih digunakan untuk menentukan bentuk teks pada suatu situs.

Faktor-faktor yang mempengaruhi legibilitas teks
            Legibilitas  merupakan kualitas pada huruf yang membuat huruf tersebut dapat terbaca. Dalam suatu karya desain, dapat terjadi cropping, overlapping, dan lain sebagainya , yang dapat menyebabkan berkurangnya legibilitas daripada suatu huruf. Selain itu, penggunaan huruf yang mempunyai karakter yang sama dalam suatu kata dapat juga menyebabkan kata tersebut tidak terbaca dengan tepat.
Legibilitas  dipengaruhi oleh :
·         Kerumitan desain huruf.
·         Penggunaan warna.
·         Frekuensi pengamat menemui huruf tersebut dalam kehidupan sehari-hari.


Sistem Hypertext & Hypermedia
            Dalam suatu web, terdapat Hypertext dan Hypermedia. Banyak situs web yang seluruhnya atau sebagian besar hypertext. Hypertext disini adalah penggunaan hyperlink (atau hanya “link”) untuk menyajikan teks dan grafis statis. Sedangkan Hypermedia mengacu pada presentasi video, animasi, dan audio.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar