''

Jumat, 03 Desember 2010

JARINGAN KOMPUTER - Bagian 10

1.      Broadcast Domain dan Coalition Domain, beserta contoh!
Broadcast Domain adalah Suatu area / wilayah dimana proses broadcast berpeluang untuk dikirimkan. Contohnya adalah penggunaan hub. Hub merupakan LAN device yang mempropagasi sinyal ke semua port yang aktif, maka suatu jaringan yang menggunakan hub atau hub-to-hub network memiliki satu broadcast domain.
Collision Domain adalah suatu area dimana collision atau tabrakan data dapat terjadi, karena berada pada waktu dan tempat yang sama.

2.      TCP/IP Stack dengan OSI Reference Model
TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. Protokol ini tidak dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite). Protokol ini juga merupakan protokol yang paling banyak digunakan saat ini. Data tersebut diimplementasikan dalam bentuk perangkat lunak (software) di sistem operasi. Istilah yang diberikan kepada perangkat lunak ini adalah TCP/IP stack.
Karena TCP/IP merupakan salah satu lapisan protokol Model OSI, berarti bahwa hierarki TCP/IP merujuk kepada 7 lapisan OSI tersebut. Tiga lapisan teratas biasa dikenal sebagai "upper level protocol" sedangkan empat lapisan terbawah dikenal sebagai "lower level protocol". Tiap lapisan berdiri sendiri tetapi fungsi dari masing-masing lapisan bergantung dari keberhasilan operasi layer sebelumnya. Sebuah lapisan pengirim hanya perlu berhubungan dengan lapisan yang sama di penerima (jadi misalnya lapisan data link penerima hanya berhubungan dengan lapisan data link pengirim) selain dengan satu layer di atas atau di bawahnya (misalnya lapisan network berhubungan dengan lapisan transport di atasnya atau dengan lapisan data link di bawahnya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar